Gambar Bootstrap 3

Prinsip dan Aspek Geografi

Penanaknasi.com - ilmu geografi memiliki prinsip dan aspek untuk dipelajari. Prinsip geografi ini mengkaji fenomena geosfer berdasarkan aspek geografi tertentu. Geografi sebagai ilmu pengetahuan senantiasa melihat keseluruhan gejala dalam ruang dengan memperhatikan aspek yang digunakan.
Prinsip dan Aspek Geografi

1. Prinsip Geografi

Prinsip didalam geografi merupakan ilmu pokok yang mendasari analisis. Studi ini mempelajari tentang hubungan timbal balik antara alam dengan manusia secara menyeluruh. Prinsip geografi sebagai berikut.

a. Prinsip Persebaran
Prinsip ini berkaitan dengan persebaran gejala geosfer dimuka bumi. Gejala ini meliputi gejala alam dan manusia. Misalnya gunung api di indonesia tersebar dari pulau jawa dan pulau kalimantan.

b. Prinsip Interelasi
Prinsip ini adalah hubungan atau keterkaitan antara fenomena yang satu dengan yang lainnya. Hubungan tersebut dapat berupa hubungan timbal balik. Banyak gejala geosfer yang memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lain. Misalnya penduduk pantai yang bermata pencaharian petani.

c. Prinsip Deskripsi
Prinsip ini menjeri penjelasan fenomena geosfer dengan rangkaian kata. Setiap kajian dalam kajian secara terperinci dijelaskan berdasarkan data dan pengamatan dilapangan. Pendeskripsian ini dilakukan melalui tulisan, grafik, tabel, dan peta.

d. Prinsip Korologi
Prinsip ini adalah penggabungan antara prinsip persebaran, prinsip interelasi, dan prinsip deskripsi. Prinsip ini lebih kompleks dalam menjelaskan fenomena geosfer ini. Contohnya fenomena gunung api. Gunung api aktif ini tersebar di pulau jawa dan sumatra. Keberadaannya mengikuti jalur tumbukan lempeng. Letusan gunung api ini merugikan karena memakan banyak korban. Akan tetapi, letusan gunung ini juga bermanfaat untuk menyuburkan tanah karena mengandung unsur hara dalam abu vulkanik.

2. Aspek Geografi

Geografi memiliki beberapa aspek yang dapat dikaji. Aspek geografi merupakan sudut pandang dalam mempelajari permukaan bumi. Aspek geografi dibagi menjadi 2, yaitu aspek fisik dan aspek nonfisik. Berikut penjelasan aspek fisik dan nonfisik.

a. Aspek Fisik
Aspek ini meliputi unsur unsur geosfer yang bersifat fisik seperti tanah, iklim cuaca, air dan pelapisan dalam batuan bumi. Aspek fisik dibagi menjadi beberapa bagian. Berikut bagiannya.

1) Aspek Topologi
Aspek ini membahas fenomena yang berkaitan dengan letak wilayah, bentuk muka bumi, luas wilayah, dan batas wilayah.

2) Aspek Biotik
Aspek ini membahas tentang karakteristik fisik manusia, hewan, maupun tumbuhan.

3) Aspek Nonbiotik
Aspek ini membahas tentang kondisi permukaan bumi, misalnya batuan, tanah, air, dan udara.

b. Aspek Nonfisik
Aspek nonfisik adalah aspek geografi yang berupa aktivitas manusia seperti aspek kependudukan, aktivitas ekonomi, aktivitas politik, dan aktivitas sosial. Aspek ini menitikberatkan pada aktivitas manusia dengan memperhatikan pola persebaran ruang dan hubungan manusia dengan lingkungan. Bisa dibilang dengan memperhatikan pendekatan spasial dan pendekatan ekologi. Aspek nonfisik dibagi menjadi berikut.

1) Aspek Sosial
Aspek ini membahas tentang adat, kelompok masyarakat, lembaga sosial, dan tradisi.

2) Aspek Ekonomi
Membahas tentang industri, perdagangan, transportasi, dan pasar.

3) Aspek Budaya
Membahas tentang pendidikan, agama, kesenian dan bahasa.

4) Aspek Politik
Aspek ini membahas tentang partai dan pemerintahan.

Tetap semangat dan jangan menyerah. Sekian dari saya dan terima kasih.

Salam hangat,

Penanaknasi.com

Show comments
Hide comments

0 Response to "Prinsip dan Aspek Geografi"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel